5 Cara Mengatasi AC Mobil Panas yang Wajib Diketahui

cara mengatasi ac mobil panas

Duniamoto.com - Cara mengatasi AC mobil yang panas cukup tricky, terkadang kita sudah ke bengkel mobil khusus AC yang ada di pinggir jalan dan dengan dalih freon nya habis atau sudah jarang tidak ganti atau isi ulang freon. Hal pertama yang harus diketahui adalah kalau freon itu tidak bisa habis jika saluran pipa  nya tidak bocor. Begitu juga hal sebaliknya, kalau freon habis berarti pipa bocor. 

Kondisi panas beberapa hari belakangan tentunya sangat meresahkan, terlebih kondisi jalanan macet yang harus membuat kita berlama-lama di jalan, dan ditambah dengan kondisi AC mobil yang panas tidak bisa dingin. Permasalahan seperti ini lah yang membuat kita geram dan ingin sekali ganti mobil baru. 

Tapi tenang dulu, pada pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan terkait cara mengatasi AC mobil panas yang memang harus diketahui. Penyebab AC yang panas juga banyak faktor ya, akan kita uraikan satu persatu di bawah ini. 

Penyebab AC Mobil Panas

Agar kamu tidak mengalami kepanasan di dalam mobil, ada beberapa poin yang harus diperhatikan dari penyebab AC mobil panas tersebut, antara lain sebagai berikut. 
  • Tombol AC pada mobil belum diaktifkan, kebanyakan pengemudi kelupaan hanya menyalakan blower mobil saja. 
  • Filter udara yang jarang diganti atau dibersihkan. 
  • Terjebak macet panjang yang membuat kinerja mesin panas dan pendinginan kurang maksimal. 
  • Evaporator yang kotor dan jarang dibersihkan. 
  • Kondensor mobil yang bocor.
Kelima poin di atas merupakan hal umum yang biasa terjadi sebagai salah satu penyebab AC mobil yang panas. Lalu mengatasinya seperti apa? Kita bisa melihat saja dari poin penyebab AC mobil yang panas di atas. 
cara mengatasi ac panas

Cara Mengatasi AC Mobil Panas

Melanjutkan pembahasan dari penyebab AC panas, kita dapat menarik kesimpulan kalau memang harus rajin memperhatikan kondisi mobil, salah satu caranya antara lain sebagai berikut. 
  • Hidupkan mobil dengan membuka kaca jendela keseluruhan, kemudian nyalakan blower terlebih dahulu sebelum mengaktifkan AC, tunggu sekitar 1 menit blower aktif untuk sirkulasi panas dalam mobil, lalu tutup jendela mobil dan nyalakan AC. 
  • Lakukan perawatan AC mobil seperti membersihkannya dengan rutin, cukup 6 bulan sekali kalau memang tidak ada waktu. Sama seperti AC di rumah yang perlu dilakukan pembersihan dalam beberapa bulan. 
  • Masalah utama biasa terjadi di kondensor, apakah bocor atau tidak. Jika bocor, tidak ada cara lain selain menggantinya dengan model terbaru. 
  • Bersihkan evaporator pada mobil, jika sudah terlalu kotor maka performa evaporator juga akan turun. Sehingga tidak bisa melakukan sirkulasi panas dengan baik. 
  • Cek kondisi freon, setelah mengetahui penyebab dari kebocoran kondensor atau komponen lain. Kamu wajib melakukan isi ulang freon agar kondisi dinginnya terjaga kembali. 
Nah dari 5 poin ini adalah permasalahan yang sering dihadapi, tidak perlu banyak menebak saat pergi ke bengkel. Para mekanik mobil pun pasti akan cek beberapa poin yang sudah kami tuliskan di atas dan akan memberikan rekomendasi kepada customer. 

Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi mobil juga ya tiap hari. Karena banyak sekali faktor yang mempengaruhi kondisi mobil sehat atau tidaknya, terimakasih.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url