4 Cara Menghidupkan Motor Tanpa Kunci Dengan Mudah

Menghidupkan motor tanpa kunci

Duniamoto.com - Cara menghidupkan motor tanpa kunci wajib diketahui oleh para pengendara sepeda motor, pasalnya hal tersebut bisa menjadi emergency atau memang ingin melakukan modifikasi dengan keyless motor. Namun, kebanyakan kasus ini hampir sama seperti jika kamu kejatuhan kunci motor saat berkendara dan bingung cara mematikan motornya seperti apa. Akan kami bahas dalam artikel selanjutnya. 

Umumnya saat ingin menyalakan motor adalah dengan memasukkan kunci motor ke kontak yang ada ignition nya. Biasanya kasus seperti ini sering terjadi karena kuncinya hilang, lupa menaruh kunci motor terakhir di mana, dan alasan lainnya. 

Pemahaman yang harus kamu ketahui terkait kunci kontak pada motor adalah menghubungkan dua jalur pengapian motor dan aki untuk mendapatkan tegangan listrik dan menandakan bahwa posisi motor kondisi stand by dan siap dilakukan pengapian, baik itu dilakukan dengan stater motor ataupun diengkol langsung. 

Jadi, cukup menghubungkan dua kabel menjadi satu saja. Kali ini kami akan membahas sedikit beberapa cara menghidupkan motor tanpa kunci agar kamu tidak panik saat menghadapi kondisi serupa. 

Baca Juga: Jalur Kiprok RX King

Menghidupkan Motor Tanpa Kunci

Cara ini dapat kamu lakukan selama motor yang ingin kamu hidupkan tanpa kunci ini bukan keyless ataupun yang harus menggunakan sensor lainnya. 

Menghidupkan Motor Honda Tanpa Kunci

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka cover ignition yang ada di motor honda kalian masing-masing. Namun agar cara menghidupkan motor tanpa kunci ini berhasil, ada jenis motor yang harus diperhatikan ya. Ini khusus motor lama seperti:
  • Astrea Prima
  • Astera Grand
  • Supra 110
  • Supra Fit
  • Supra Fit S
  • Supra Fit X
  • Honda Win 
  • GL Pro

Cara Menghidupkan Motor Tanpa Kunci Motor Honda Gigi

menghidupkan motor tanpa kunci
Otosigna99

  • Lepaskan kabel berwarna hijau atau massa atau ground yang ada di kunci kontak.
  • Lalu lapiskan kabel hijau tersebut dengan solasi.
  • Pasang kembali kunci kontak ke rumahnya semula.
  • Silakan gunakan engkol atau bahasa kerennya dengan kick start, dan motor akan segera hidup. 

Menghidupkan Motor Tanpa Kunci Motor Honda Matic

Lain halnya dengan motor matic honda, cara menghidupkan motor tanpa kunci cukup gampang. Yaitu dengan menyambungkan langsung yang ada di kunci kontak. Biasanya hanya terdapat 2 kabel saja. Lalu kamu bisa membungkusnya kabel tersebut dengan solasi atau bisa menggantikan fungsinya dengan saklar on off biasa pada umumnya. 

Menghidupkan Motor Tanpa Kunci Motor Yamaha

Sedangkan untuk motor yamaha, pada dasarnya sama seperti cara yang telah kami sebutkan di atas dengan motor honda. Hanya saja untuk motor gigi nya, warna kabel ground atau massa pada yamaha berbeda dengan honda, kalau yamaha berwarna hitam. Lalu ikuti langkahnya dengan menggunakan kick start. 

Sedangkan untuk motor maticnya sama saja seperti motor honda, dengan memutuskan kedua kabel yang berada di kunci kontak, kemudian hubungkan langsung dan amankan menggunakan solasi kabel agar tidak terjadi short circuit. 

Jika ingin menggunakan keyless, kamu juga bisa menambahkan keyless yang ada di pasaran market place online. Harganya mulai 50rb an saja, maka motor kamu sudah bisa dihidupkan tanpa kunci melainkan menggunakan tombol remote on off langsung. 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url