Mengenal 4 Jalur Kiprok RX King untuk Keperluan Modifikasi

Jalur kiprox rx king

Duniamoto.com - Pengguna RX King tentu wajib tahu seperti apa jalur kiprok yang dimiliki. Jalur kiprok RX King ini sangatlah berguna untuk dipahami agar Anda bisa melakukan berbagai jenis modifikasi. Biasanya pengguna motor ini ingin melakukan modifikasi dari berbagai sisi namun akan jadi lebih sulit jika tidak paham kiprok RX king yang berperan sebagai rectifier atau penyearah. 

Apa itu Kiprox?

Kiprok merupakan sebuah penyearah yang terbagi ke dalam serangkaian dioda dan tersusun kurang lebih sebanyak 4 biji. Selain itu kiprok juga akan menjalankan fungsinya sebagai bagian yang menjaga stabilitas aliran arus listrik untuk disalurkan ke CDI atau sistem pengapian sepeda motor. Tujuannya agar bisa menjaga performa motor agar selalu bekerja dengan baik.

Perlu diketahui bahwa jalur kiprok ini adalah komponen motor RX King yang bekerja dalam sistem pengisian daya atau charging system. Mudahnya, kiprok akan mengatur arus listrik yang masuk ke aki sehingga mencegah terjadinya overcharge. Jadi kiprok punya peran penting untuk menjaga mesin maupun aki agar tetap bekerja dengan baik dan terhindar dari kerusakan.

Jika jalur kiprok terjaga dengan baik dan selalu terawat, maka daya tahan aki juga akan lebih lama. Kerusakan pada sistem pengisian daya aki pun dapat dicegah dan membuatnya bekerja lebih optimal. Itulah mengapa pengguna motor RX King seharusnya selalu melakukan perawatan dan penggantian komponen pada jalur kiprok yang mungkin mengalami kerusakan.

Jalur Kiprox RX King

jalur kiprox rx king

Pada jalur kiprok ini ada beberapa komponen yang memiliki warna-warna berbeda. Biasanya warna kabel yang digunakan pada kiprok berbeda-beda tergantung pada tipe dan tahun pembuatan motor. Namun secara umum, jalur kiprok RX King memiliki warna-warna sebagai berikut:
  • Hitam: Pertama ada kabel berwarna hitam yang biasanya akan langsung terlihat. Kabel ini merupakan bagian terminal kabel massa atau ground pada jalur kiprok. 
  • Putih: Selanjutnya ada warna putih pada soket kiprok RX King. Kabel berwarna putih ini akan berfungsi sebagai terminal kabel charging aki 12 volt.
  • Merah Kuning: Ada pula kabel warna merah kuning. Kabel tersebut memiliki warna merah dan dilengkapi garis kuning. Fungsi kabel ini adalah penyetel atau penstabil arus yang akan dialirkan ke pengapian motor. 
  • Merah: Lanjut ada kabel berwarna merah pada jalur kiprok. Fungsi kabel merah ini adalah menyediakan aliran untuk instrumen motor mulai dari lampu, klakson, dan lain sebagainya. 

Kerusakan Pada Kiprox RX King

Melihat fungsinya yang begitu penting, jelas sudah bahwa kiprok RX King ini butuh perawatan yang tepat. Pengguna motor RX King perlu melakukan pemeriksaan atau pengecekan untuk memastikan bahwa kiprok masih berfungsi dengan baik. Tentunya pengguna juga harus mengetahui apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada komponen ini.

Kerusakan bisa saja terjadi karena kualitas kiprok yang memang buruk. Selain itu tegangan aki yang tidak stabil juga bisa memicu kerusakan. Pengguna yang sering melakukan geber mesin motor dengan kecepatan tinggi juga harus berhati-hati karena hal ini bisa membuat kiprok RX King rusak. Selain itu penempatan kiprok yang tidak tepat juga bisa memicu terjadinya gangguan.

Tentu saja jika ada kerusakan pada jalur kiprok RX King ini Anda harus segera melakukan perbaikan. Pastikan bahwa kiprok selalu terawat dengan baik sehingga performanya berjalan secara optimal sesuai fungsi setiap komponen. Bawalah motor Anda secara rutin ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan dan memastikan tidak adanya kerusakan. 
Next Post
No Comment
Add Comment
comment url